Program MRT (Membangun Rumah Tangga)di paroki MKK

Sejak awal 2017 Keuskupan Agung Jakarta mengganti program Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) resmi menjadi Membangun Rumah Tangga (MRT). Program ini tetap merupakan program pembekalan bagi pasangan calon menikah untuk dalam mengarungi kehidupan perkawinan mereka. Berbeda dengan KPP yang menggunakan metoda pangajaran, program MRT lebih bersifat proaktif, dimana peserta dihadapkan dengan simulasi permasalahan rumahtangga yang harus diatasi dengan cara memberikan pendapat pribadi, diskusi dengan pasangan, maupun secara berkelompok.

Pembawa materi pada MRT bukanlah pengajar melainkan fasilitator, yang berusia di bawah 55 tahun, sehingga diharapkan dapat menyesuaikan dengan kondisi aktual dan selalu update dengan permasalahan aktual rumahtangga.

Saat ini, Paroki MKK merupakan satu-satunya paroki di wilayah Keuskupan Agung Jakarta, yang melaksanakan KPP secara mandiri dan rutin setiap bulan. Panitia MRT membatasi jumlah peserta hanya sekitar 20 pasangan, hal ini dimaksudkan agar perhatian pada setiap perserta menjadi lebih intensif sehingga peserta dapat memahami materi yang diberikan.
Penyelenggaraan yang rutin ini menjadi keistimewaan program MRT di paroki MKK, sehingga sering mendapatkan peserta tamu dari paroki lain.